Balap Kuda (Taji Rai Jara)

          Balap Kuda atau disebut Juga Taji Rai Jara adalah sebuah perlombaan adu kecepatan antar Kuda yang mana kuda-kuda tersebut dikemudikan Oleh Joki (Orang). Para Joki akan memacu Kudanya Secepat mungkin sehingga mereka bersama kudanya segera menginjak garis finish dan menjadi pemenang.
         Bagi sebagian Daerah,,, (Daerah,,,..... Aku Lupa,..!!!, tp bner ko' kata orang2) Balap kuda sudah merupakan kegiatan yang teratur dan Rutin, bahkan merupakan kegiatan mingguan yang boleh dikatakan sering diadakan. Asyik yakh,,, mereka bisa nonton sesering mungkin. Namun di desa Sandue kec. Sanggar tetangga Desa ku "KORE-A" balap kuda merupakan Moment yang sangat langka dimana setelah 8 atau 10 tahun (mungkin) mereka (Panpel) kembali mengadakan perlombaan balap kuda alias Taji rai Jara tersebut.
           Kembalinya kegiatan Balap kuda yang dilakukan di pantai ini sangat-sangat membuat antusias orang-orang untuk menontonya, mungkin karena rindu Kali yakh,... hampir bisa dipastikan 75% penduduk dari daerah Kecamatan Sanggar menonton pertandingan Taji Rai Jara tersebut. Rame Buangeeeeeeeeeeeeet, buanget 5x.
       
 
Jara, Jara yang melakukan persiapan

 Jara Bura Labo Ruman

Panggung Panitia, Panitia beserta Istri dan Anaknya

Seperti Inilah perlombaan Taji Rai Jara yang sedang berlangsung

Kuda Setelah melalui garis finish.

          Itulah cerita sederhana Balap Kuda atau Taji Rai jara di Desa Sandue, Semoga Kegiatan -kegiatan yang bisa mengundang keramaian seperti ini bisa terus diadakan karena bisa berdampak positif terhadap Ekonomi, sosial dan persatuan bagi Masyarakat daerah Sanggar...

Thank You
Comments